Senin, 31 Desember 2012

SEJARAH PASPARA

Sejarah Pembentukan

Gagasan tentang pembentukan pasukan pengibar bendera di SMA N 2 Purwokerto awalnya terlahir dikarenakan pada saat itu di SMA N 2  Purwokerto belum terdapat sebuah wadah untuk menampung siswa/siswinya dalam sebuah organisasi tersendiri yang memiliki tugas utama yaitu mengatur penyelenggaraan upacara secara keseluruhan. Sebelumnya, penyelenggaraan upacara dan apel pagi di SMA N 2 Purwokerto yang bertanggung jawab adalah salah satu dari sub bidang di OSIS SMA N 2 Purwokerto yaitu bidang kehidupan berbangsa dan bernegara (KBB) yang pada saat itu hanya beranggotakan kurang lebih 2 orang saja. Selain itu, pada saat itu muncul peraturan dimana disetiap instansi sekolah khususnya di SMA Negeri 2 Purwokerto diwajibkan untuk mengadakan upacara bendera setiap hari senin dan dihari-hari nasional, yang memiliki tujuan utama yaitu untuk memupuk rasa nasionalisme seluruh warga sekolah. Dengan adanya kewajiban penyelenggaraan upacara bendera itu, tentunya dibutuhkan sekumpulan orang dalam hal ini siswa/siswi untuk mengatur jalannya penyelenggaraan upacara. Akhirnya tercetuslah pembentukan pasukan pengibar bendera di SMA N 2 Purwokerto. 

Pencetus pembentukan pasukan pengibar bendera di SMA N 2 Purwokerto yaitu Anggis Khunto Prasetyo. Beliau merupakan salah satu siswa di SMA Negeri 2 Purwokerto yang juga merupakan purna PASKIBRA provinsi Jawa tengah tahun 2011. Pendirian pasukan pengibar bendera di SMA N 2 Purwokerto dilaksanakan oleh Anggis Khunto Prasetyo sendiri bersama beberapa siswa/siswi yang terpilih. Setelah melewati beberapa proses yang tidak mudah dan dengan penuh perjuangan, akhirnya pendirian organisasi pasukan pengibar bendera di SMA N 2 Purwokerto disetujui. Organisasi ini diberi nama PASPARA yang juga merupakan singkatan dari pasukan pengibar bendera. Berdiri pada 2 Januari 2012 yang juga merupakan hari pertama PASPARA bertugas dan mulai dikenal warga sekolah juga masyarakat sekitar.

Untuk menjalankan organisasi ini, tentunya dibutuhkan dukungan banyak siswa/siswi. Dengan adanya alasan itu akhirnya dipilihlah beberapa siswa/siswi terbaik untuk menambah anggota PASPARA yang nantinya akan disebut sebagai angkatan pertama dan angkatan perintis PASPARA. Siswa/siswi SMA N 2 Purwokerto yang akhirnya menjadi bagian dari angkatan pertama PASPARA yaitu:

1. Anugerah Nuri Satria (Purna Paskibra Kab. Banyumas tahun 2011)
2. Churatio Ilote Goldy Salim (Purna Paskibra Kab. Banyumas tahun 2011)
3. Phanggy Pratama (Purna Paskibra Kab. Banyumas tahun 2011)
4. Trias Mustika Nur Pratiwi (Purna Paskibra Kab. Banyumas tahun 2011)
5. Ava Febry Setya Nugroho (Purna Paskibra Kab. Banyumas tahun 2011)
6. Alfathan Hayyan Rifardi
7. Juwita Restu Dianti
8. Rizka Dilla Juniara
9. Reza Fatah Nugraha
10. Citra Nur Laily Anggara
11. Nurul Indah Annisa
12. Fadli Abdul Aziz
13. Rizaldi Luthfi Muhammad
14. Hidan Anggita Yudha
15. Mecca Zuhruf Zakiya
16. Nifrinas Yulistin Rizky
17. Panggih Hariyanto
18. Yosi Purnawan

Lalu pada tahun 2013, PASPARA resmi diakui sebagai sebuah organisasi di SMA N 2 Purwokerto dengan dibentuknya perwakilan PASPARA di induk organisasi OSIS yang kemudian disebut OPPK PASPARA. Dengan adanya perwakilan PASPARA di OSIS SMA N 2 Purwokerto, dan eksistensi PASPARA sebagai sebuah organisasi di SMA N 2 Purwokerto, akhirnya sub bidang kehidupan berbangsa dan bernegara dihapus dan tanggung jawab tugasnya dialihkan kepada PASPARA dalam hal ini OPPK PASPARA. Selain untuk menjalankan tugas utama tadi, PASPARA juga diharapkan bisa membentuk dan mengembangkan jiwa nasionalisme dan karakter anggotanya, yang kemudian pada akhirnya menghasilkan anak bangsa yang berkarakter dan berjiwa nasionalisme tinggi.







Profil Pendiri


Nama Lengkap: Anggis Khunto Prasetyo
Nama Panggilan: Anggis
Tanggal Lahir: 3 Juni 1995
Tempat Lahir: Magelang
Agama: Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar