Senin, 31 Desember 2012

PROFIL SINGKAT PASPARA

Apa itu PASPARA?

PASPARA atau Pasukan Pengibar Bendera adalah salah satu organisasi di SMA N 2 Purwokerto yang meiliki tuigas utama yaitu mengatur dan bertugas dalam penyelenggaraan upacara atau apel di SMA N 2 Purwokerto. PASPARA didirikan pada 2 Januari 2012 yang juga merupakan hari dimana PASPARA pertama kali bertugas di SMA N 2 Purwokerto. Gagasan tentang dibentuknya PASPARA muncul karena di SMA N 2 Purwokerto belum ada organisasi yang mampu mewadahi siswa/siswi yang tertarik dengan PASKIBRA. Pencetusnya yaitu Anggis Khunto Prasetyo. Beliau merupakan siswa SMA N 2 Purwokerto yang juga merupakan purna PASKIBRA provinsi Jawa tengah tahun 2011.

Selain bertugas menyelenggarakan upacara bendera di SMA N 2 Purwokerto, PASPARA juga mencoba memberikan pendidikan karakter kepada para anggotanya seperti yang banyak dicanangkan di dunia pendidikan saat ini. PASPARA menghadirkan pendidikan karakter yang meliputi pendidikan kedisiplinan, kepemimpinan, mental, kreatifitas hingga pendidikan untuk mengembangkan jiwa nasionalisme. Kami mencoba melakukan kristalisasi karakter kepada para anggota PASPARA untuk mempersiapkan mereka agar memiliki kemampuan dan berkompeten untuk menghadapi tantangan kehidupan di masa yang akan datang. PASPARA menyadari bahwa tantangan masa depan akan semakin deras, persaingan akan semakin ketat, sehingga PASPARA merasa perlu untuk menghadirkan pendidikan karakter untuk anggota PASPARA yang nantinya akan menjadi penerus perjuangan bangsa.

Selain itu pula, PASPARA juga bisa menjadi media para siswa/siswi anggotanya untuk berprestasi. Karena disetiap tahunnya PASPARA selalu mengagendakan untuk mengikuti kompetisi atau lomba yang banyak diadakan, baik oleh instansi pemerintah maupun instansi-instansi lainnya. Dan sudah banyak prestasi yang bisa anggota PASPARA sabet dalam perlombaan-perlombaan sebelumnya. Selain ambil bagian dalam sebuah kompetisi, PASPARA juga setiap tahunnya mengirim perwakilannya untuk mengikuti PASKIBRA, baik tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional. PASPARA selalu membekali wakil-wakilnya dengan baik sebelum ambil bagian dalam seleksi-seleksi PASKIBRA itu. Dan tiap tahunnya pada tingkat kabupaten, PASPARA SMA N 2 Purwokerto selalu berhasil meloloskan beberapa wakilnya menjadi PASKIBRA. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar