Jumat, 18 Juli 2014

Gambaran Seleksi Penerimaan Anggota Baru PASPARA (SPAB PASPARA)



LIPUTAN PASPARA - Mungkin banyak yang bertanya terutama adik-adik Calon Anggota Paspara (CAPARA) tentang bagaimana sih gambaran seleksi penerimaan anggota baru (SPABP) itu? Disini kami akan menjelaskan sedikit gambaran tentang SPABP yang akan dihadapi adik-adik CAPARA nanti. 

Sebelum itu, kami akan sedikit menjelaskan disini bahwa kami harap untuk adik-adik siswa/i baru yang belum tertarik dengan PASPARA dengan alasan karena mungkin tidak 'pede' dengan tinggi badannya atau mungkin tidak ahli dalam berbaris kami harap kalian buang jauh-jauh pemikiran seperti itu. Karena dalam SPAB PASPARA ini terdapat banyak sekali pertimbangan untuk beberapa aspek dan faktor positif lain yang dimiliki para peserta SPABP, kami tidak menilai hanya berdasarkan sekedar tinggi atau pintar baris-berbaris. Melainkan masih banyak lagi aspek dan faktor lain seperti perawakan, kemampuan organisasi, prestasi di sekolah sebelumnya, dll. Atau mungkin hanya bermodalkan motivasi yang tinggi untuk masuk PASPARA pun bisa menjadi bahan pertimbangan penilain untuk tim penilai dari PASPARA. 

Pada dasarnya SPABP ini dari tahun ke tahun tidak dapat diprediksi tepatnya seleksi itu seperti apa, tergantung kebutuhan PASPARA di tahun tertentu itu. Tapi dari sebagian besar yang telah terlaksana dan mungkin akan dilaksanakan ditahun-tahun berikutnya tahapannya yaitu meliputi, Pengisian Form Pendaftaran, Tes Seleksi, dan Pengumuman.


1. Pengisian Form Pendaftaran

Dari tahun ketahun biasanya pembagian dan pengisian form ini akan dilayani langsung setiap jam istirahat dan pulang sekolah oleh pejabat PASPARA di MAPARA. Jadi adik-adik hanya tinggal datang saja ke MAPARA untuk mengambil form pendaftaran. Atau mungkin adik-adik bisa menggunakan fasilitas download mandiri form pendaftaran SPABP di official blog PASPARA (Ada tidaknya tergantung kebutuhan di masing-masing tahun pendaftaran). Jadi adik-adik tinggal download sendiri form pendaftarannya, lalu print sendiri, dan kemudian tinggal diisi form itu. Di form pendaftaran itu biasanya sudah tertulis tata cara pengisian dan lain sebagainya, termasuk tanggal terakhir pengumpulan form pendaftaran. Untuk pengumpulannya adik-adik tinggal datang saja ke MAPARA sebelum tanggal yang ditentukan pada jam istirahat atau jam pulang sekolah, disana akan dilayani langsung oleh pejabat PASPARA yang bertugas.


2. Tes Seleksi

Tahapan ini merupakan tahapan inti. Tahap tes seleksi mungkin akan dibagi kedalam beberapa tahapan lagi. Biasanya dari tahun ketahun tahapan itu meliputi tes badan, tes baris-berbaris, tes fisik, tes wawancara, pantaukhir. Sebelumnya kami jelaskan disini bahwa tidak ada pembobotan dalam setiap tahap tes. Misal tes baris bobotnya 50%, tes wawancara 30% itu tidak ada. Penilaian ini tergantung bagaimana pertimbangan dari tim penilai dari PASPARA atau bisa dibilang bersifat abstrak. Jadi tidak perlu untuk tidak percaya diri jika adik-adik memiliki kekurangan di satu dua sisi saja karena memang perlu dibandingkan lagi dengan peserta SPABP lainnya. Disini kami hanya akan menjelaskan beberapa tahapan tes saja karena beberapa aspek dalam tes ini merupakan aspek rahasia yang tidak bisa disebarluaskan sebelum peserta menjalani tes itu sendiri.

Tes Badan, biasanya meliputi bentuk tubuh masing-masing peserta. Bungkuk atau tidak, kakinya apakah berbentuk 'O' atau 'X' atau tidak, dan lain-lainnya.

Tes baris, dalam tahap tes ini adik-adik akan di tes seberapa jauh kemampuan baris yang dimiliki masing-masing peserta. Tidak perlu khawatir jika adik-adik tidak ahli dalam baris-berbaris, karena aspek baris-berbaris dalam penilaian kami itu penting tapi bukan yang paling utama karena baris-berbaris itu bisa dilatih nantinya dipendidikan PASPARA. 

Tes Fisik, untuk tes fisik ini sebenarnya tergantung kebutuhan masing-masing tahun pendaftaran. Yang jelas kami hanya berpesan kepada para peserta SPABP untuk menjaga kondisi tubuh sebelum mengikuti tes karena dibutuhkan tubuh yang fit saat tes untuk hasil yang maksimal.

Tes Wawancara, disini para peserta akan diwawancarai oleh tim penilai dari PASPARA. Untuk isi wawancaranya masih akan  dirahasiakan sebelum para peserta menjalani tes itu sendiri.

Pantaukhir, atau pantauan akhir adalah bagian dimana disini para peserta di pantau ulang mengenai semua spek yang sudah dites oleh tim penilai sebelumnya. Intinya disini untuk memastikan siapa yang lolos siapa yang gagal.


3. Pengumuman

Biasanya tepat dihari-H tes seleksi itu dilaksanakan akan langsung diumumkan siapa yang lolos siapa yang gagal. Atau mungkin akan diumumkan beberapa hari setelah itu baik secara langsung maupun melalui surat keputusan (SK) dari PASPARA. Semua itu tergantung kebutuhan masing-masing tahun pendaftaran.

Itulah sedikit gambaran tahapan-tahapan SPABP yang akan adik-adik CAPARA jalani.

Mengenai kuota yang diterima, sebenarnya kembali disesuaikan dengan kebutuhan tahun itu. Untuk gambaran persaingan dari tahun ketahun sebelumnya cukup ketat dan hasil keputusannya kadang cukup mengejutkan karena beberapa siswa/i yang sebelumnya diprediksi tidak akan lolos dari kelihatannya ternyata lolos, begitu juga sebaliknya. Jadi jangan pernah takut untuk bergabung dengan kami di pendidikan PASPARA SMA N 2 Purwokerto. 

Sekian info ini kami sampaikan, kami harap seluruh calaon anggota paspara akan dipermudah jalannya dalam menghadapi SPABP ini. Jika ada yang mungkin kurang jelas atau ada hal-hal yang perlu ditanyakan silahkan mention akun twitter kami @pasparasmada silahkan tanyakan langsung kepada kami apa saja tentang PASPARA yang ingin anda tau. Semoga informasi ini dapat membantu, Salam!


Fathan Rifardi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar